logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
Diberdayakan oleh Blogger.


    

wjjjjjjjjjjjj
bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb
20    
    
    
    
Kelas      :  TI. 1 B
 






Pengertian email
            E-mail adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui e-mail kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat e-mail ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui e-mail kita dapat memperoleh beberapa keuntungan. Antara lain, dengan menggunakan e-mail surat (informasi) yang kita kirim ke alamat e-mail lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah. Sebuah alamat e-mail biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan e-mail secara gratis adalah yahoo.com, gmail.com, plasa.com. Sebagai contoh kita membuat email melalui gmail.com.
Fungsi E-mail
Fungsi e-mail adalah sarana untuk kirim mengirim surat atau data berupa file text, file video, file audio, file gambar/foto melalui jalur internet atau online. Yang bisa di akses melalui komputer, laptop, smartphone (android, blackberry) dengan catatan terkoneksi dengan jaringan internet.
Kelebihan dan Kekurangan E-mail
Kelebihan email  
*      E-mail tidak memerlukan amplop dan perangko serta pembuatannya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun tinta seperti halnya surat yang biasanya.

*      Proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat.

*      pengiriman e-mail secara ideal dapat dilakukan dengan mudah setiap saat dan di manapun kita berada.

*      E-mail tidak menggunakan kertas, pengiriman email cenderung lebih bebas sampah.

*      Lebih aman, e-mail yang dikirim tidak takut atau khawatir tidak sampai selama jaringan komunikasi internet tetap tersedia. Pengiriman surat secara konvensional lebih mudah rusak atau hilang Karena perjalanan, bencana atau mudah disabotase.


*      Fleksibel, e-mail yang telah dikirim dan diterima akan mudah dibuka (dibaca dimanapun berada tempatnya, mudah dimodifikasi, dan segera dikirim kembali kepada pengirim atau kepada yang lainnya.

*      Mudah digandakan, sederhana dan formatnya lengkap. Isi e-mail yang dikirimkan dapat berupa data teks, gambar atau grafik, video bahkan suara dengan menggunakan tempat yang lebih sederhana.
      Kekurangan e-mail
*      Kemungkinan terjadinya terjadinya pemalsuan identitas.

*      kemungkinan terjadinya penyadapan informasi. Hal ini bisa terjadi  terlebih jika kita menggunakan komputer yang digunakan secara massal misalnya di warnet atau di komputer umum. Jadi penggunaan email lebih aman jika menggunakan komputer pribadi.

*      dalam proses pengirimannya ,komputer dalam posisi online / connect ke internet.

*      pengiriman lampiran file hanya berwujud teks / gambar tidak dapat mengirimkan paket / barang.

*      jika tidak hati-hati bisa saja fasilitas e-mail d gunakn u/ menyebar kn virus.

*      pengiriman harus mengingat user name & password pada saat mengirimkan e-mail

*      Hilangnya informasi, terkadang e-mail menggunakan bahasa yang tidak baku, sehingga memungkinkan adanya informasi yang hilang dan tidak dapat dipahami oleh penerima.

*      Spam, e-mail yang tidak dikehendaki kadang masuk ke mailbox sehingga menyebabkan over-flow, dengan informasi-informasi yang tidak berguna.

*      Inkonsistensi, e-mail dapat menyebabkan duplikasi informasi. Hal ini karena terjadi jika tim bekerja rame pada dokumen. Selain itu, penggunaan e-mail oleh banyak orang dapat menimbulkan masala. Misalnya muncul flaming. Flaming terjadi jika seseorang mengirim peran yang berisi kemarahan atau pesan antagonis . Hal ini bisa terjadi karena interaksi yang terjadi pada penggunaan e-mail bukanlah interaksi langsung sehingga terkadang mengabaikan sisi kemanusiaan.

*      Lambatnya respon, kelemahan email bagi beberapa orang adalah bahwa tidak semua orang membaca e-mail setiap hari. Sehingga ada kemungkinan email terlambat dibalas. Namun dengan penetrasi teknologi yang semakin hari semakin luar, kini orang lebih sadar email dibandingkan puluhan tahun lalu.
Jenis E-mail
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a.    Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b.    Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c.    Email Forwarding
Kelebihannya :
Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.



Cara  mengirim email di Gmail

1.    Klik  TULIS / TULIS EMAIL  pada  tombol yang terletak pada bagian sebelah kiri, lalu pada kotak besar sebelah kanan akan muncul ruang untuk mulai menuliskan email.
2.    Pada bagian KEPADA/UNTUK, isikan alamat email tujuan anda (bisa lebih dari satu).
3.    Pada CC dan BCC untuk menambahkan set baru penerima, (boleh diisi jika perlu).
4.    Pada PERIHAL/SUBJEK isi dengan judul pesan yang ingin anda kirimkan.
5.    Pada LAMPIRKAN FILE isi dengan file yang ingin anda kirimkan, contoh : gambar,file ms word,excel,pdf, dll (jika tidak perlu maka lewati).
6.    Isikan pesan email pada kolom yang besar.
7.    Setelah selesai silakan tekan tombol KIRIM untuk mengirimkan pesan.







Pengertian Cc dan Bcc

Kolom Bcc (Blind Carbon Copy) dan Cc (Carbob Copy) diisi apabila kita akan mengirimkan email utama dan salinan email. Penerima email utama ialah yang alamat emailnya diisikan pada kolom To sedangkan penerima salinan email yang alamat emailnya pada kolom Bcc dan Cc.
Perbedaan Kolom Cc dan Bcc
Pada kolom Cc kepada siapa saja email dikirimkan baik penerima email utama maupun maupun email salinan akan saling mengetahui.
Contoh           : kita akan mengirimkan e-mail kepada Pak Susilo sebagai penerima e-mail utama, Pak Budi dan Pak Jusuf sebagai penerima salinan e-mail. Alamat e-mail Pak Susilo diisikan pada kolom To dan alamat e-mail Pak Budi dan Pak Jusuf pada kolom Cc. Pak Susilo akan mengetahui bahwa e-mail dikirimkan kepada Pak Budi dan Pak Jusuf sebagai penerima salinan e-mail maupun sebaliknya.
Pada kolom Bcc penerima yang dituliskan pada kolom ini tidak akan mengetahui kepada siapa saja e-mail dikirimkan seolah olah e-mail dikirimkan kepada penerima satu persatu dan alamat e-mail lain yang terlihat hanyalah alamat e-mail pada kolom To. Jika menginginkan tidak ada alamat email lain yang diketahui  penerima, anda bisa mengisi kolom To dengan alamat e-mail anda dan alamat – alamat e-mail penerima lain pada kolom Bcc.
Contoh           : Kita akan mengirimkan e-mail kepada Pak Susilo sebagai penerima e-mail utama, Pak Budi dan Pak Jusuf sebagai penerima salinan e-mail. Alamat e-mail Pak Susilo diisikan pada kolom To dan alamat e-mail Pak Budi dan Pak Jusuf pada kolom Bcc. Pak Budi tidak akan mengetahui bahwa e-mail salinan dikirimkan juga kepada Pak Jusuf  dan sebaliknya tetapi kedua penerima tersebut akan mengetahui email dikirimkan kepada Pak susilo.


           






Chatting Via Gmail

Pengertian Chatting
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
Berikut tampilan chat Gmail yang baru dengan berbagai fasilitasnya :

Keterangan gambar :

1.    Pada menu ini anda bisa menentukan status anda yang ingin di tampilkan pada obrolan, antara lain ada (online) yang di tandai dengan warna hijau, sibuk yang ditandai dengan warna merah (gambar rambu dilarang masuk), tak terlihat yang di tandai dengan warna abu-abu di silang, pesan khusus yang berfungsi untuk memberitahuakan teman tentang kesibukan anda, dan status keluar yang di tandai dengan warna abu-abu bersilang. Pada menu ini juga mendukung pengaturan untuk menambahkan kontak teman dan  mengajaknya chatting, mengubah gambar profil, mengatur setelan obrolan, dan yang lebih menyenagkan Gmail juga menyediakn fasilitas untuk menambahkan suara dan video pada obrolan.
2.    Pada menu yang bergambar video ini merupakan fasilitas baru dari Gmail untuk mengobrol tatap muka alias video call dengan sesama pengguna Gmail.
3.    Anda  bisa menelusururi teman Gmail disini mulai dengan mengirim obrolan offline, mengirim SMS, melihat profil teman bahkan memblokir kontak teman dari akun Gmail anda.
4.    Ini adalah tampilan beberapa teman Gmail yang sedang beraktivitas, sama halnya dengan Facebook kita bisa mengetahuai teman mana yang sedang online dari menu ini.
Ketika kita membuka sebuah obrolan dengan teman kita akan disuguhkan dengan tampilan obrolan, berikut tampilannya.


Pada tampilan obrolan ini anda bisa menggunakan fasilitas video call, menambahkan obrolan suara dan menambahkan orang lain di obrolan ini sehingga memungkinkan kita bisa mengobrol lebih dari satu orang. Kita juga bisa kirim SMS dari tampilan obrolan ini dengan cara klik selengkapnya.

Hangout
Pengertian hangout
Hangout merupakan sarana yang tersedia di gmail yang dimanfaatkan untuk berinteraksi (percakapan) mengirim pesan ke teman, melalui hangout anda bisa menghidupkan percakapan anda dengan menambahkan foto, simbol emoji, bahkan video call group.

Cara Hangouts Via Gmail
Memulai Hangout
Dengan Hangouts, Anda dapat mengirim pesan, emoji, dan foto, atau memulai video call dengan teman dan keluarga. Anda dapat memulai Hangout dari Gmail, Laman atau profil Google+, perangkat perangkat Android atau iOS, atau denganekstensi Chrome.
Anda dapat memulai Hangout dengan siapa pun yang Anda inginkan selama orang itu memiliki Akun Google. Jika Anda memulai Hangout dengan seseorang yang tidak memiliki akun Google, undangan bergabung dengan Hangouts akan dikirim ke alamat emailnya.
Mengaktifkan Hangouts di Gmail
1.    Klik foto profil Anda di bagian atas daftar Chat.
2.    Klik Coba Hangouts baru
3.    Gmail akan disegarkan, dan Anda dapat mulai menggunakan Hangouts.
Menonaktifkan Hangouts dan mulai menggunakan chat lama
1.    Pada Hangouts di Gmail, klik nama Anda.
2.    Pilih Kembali ke Chat lama.
3.    Gmail akan disegarkan dan Anda dapat mulai menggunakan Google Chat.

Memulai percakapan atau atau video call Hangout

1.    Buka Hangouts di Gmail atau Google+.
o    Gmail: Klik ikon Hangouts    di sudut kiri bawah jendela Gmail.
o    Google+: Klik ikon Hangouts   di sudut kanan atas jendela Google+.
2.    Pilih orang dari daftar Hangouts. Daftar ini diurutkan, dengan Hangout terbaru di bagian atas. Atau klik tombol penelusuran   dan ketik nama atau alamat email. Sesudah menemukan orang yang diinginkan, klik namanya.
o    Jika Anda ingin memulai Hangout grup, centang kotak di depan beberapa nama orang dan klik ikon chat   untuk memulai pesan, atau ikon video   untuk memulai video call.
3.    Pilih jenis Hangout yang ingin dimulai:
o    Percakapan teks: Ketik pesan yang ingin Anda kirim di kotak teks yang bertuliskan “Kirim pesan”, lalu tekan tombol kembali pada keyboard untuk mengirim pesan.   Indikator mengetik akan menunjukkan kepada orang lain di Hangout bahwa Anda sedang mengetik pesan.
o    Video call: Klik ikon video    untuk memulai video call.
4.    Jika Anda menggunakan ekstensi Chrome Hangouts, jendela percakapan Hangouts yang dimulai di Gmail atau Google+ akan terbuka di luar jendela browser.

Menambahkan emoji, foto, atau seni pada pesan

Anda dapat menambahkan grafik, seperti wajah bahagia, pada percakapan dengan emoji, atau mengirim foto kepada teman-teman. Anda juga dapat menggambar dan membagikan gambar tersebut di percakapan.
·         Menambahkan foto   : Klik tombol kamera    .
·         Menambahkan emoji : Klik wajah smiley  .
·         Menggambar dan mengirim seni: Anda dapat menggambar sesuatu di kanvas kosong atau mengunggah foto untuk digambari.
1.    Tempatkan mouse pada tombol kamera     .
2.    Ikon pensil akan muncul. Klik ikon pensil tersebut  . Anda dapat mulai menggambar pada kanvas kosong. Atau Anda dapat memilih salah satu opsi di bawah ini untuk menggambari foto atau gambar lainnya:
§  Gunakan foto: Jika Anda ingin menggambari foto milik Anda, Anda dapat mengunggah foto. Arahkan ke bagian atas kanvas gambar dan klik tombol kamera    .
§  Gunakan gambar yang ada atau salah satu gambar yang diterima dari orang lain: Buka gambar yang telah dikirim atau foto orang lain atau gambar yang diterima di jendela percakapan. Tempatkan mouse di sudut kanan atas gambar. Kemudian klik ikon pensil  .
3.    Pilih warna dan ukuran pensil. Anda juga dapat memilih bentuk dan opasitas pensil.
4.    Buat gambar.
5.    Klik Kirim.
Masalah pengiriman pesan
Jika tidak berhasil dikirim, pesan akan berwarna merah. Hal ini biasanya terjadi ketika sambungan internet Anda mengalami gangguan sementara atau terlalu lambat. Bila sambungan Anda telah pulih, pesan akan dikirim, dan teks akan berubah menjadi hitam.
Versi old chat
Gambar diatas merupakan chatting gmail versi terdahulu.

Merupakan layanan e-mail gmail versi terdahulu, yang memungkinkan anda dapat chatting bersama teman, sahabat, dll.
Namun ada beberapa kekurangan,
*      Program ini hanya sederhana dan dia tidak bisa memunculkan emoji.
*      Tidak adanya fasilitas untuk mengirim file.
*      Hanya bisa digunakan oleh sesama user yang punya account di gmail.
*      Fasilitas video call juga belum tersedia.






SELESAI


    






Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. k0mpi malz - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger